Batu Onyx

Batu OnyxOnyx adalah salah satu varietas Chalcedony atau Agate, yang dalam mitologi Yunani dikenal sebagai “kuku jari atau cakar”. Datang dalam berbagai variasi warna: cokelat, putih, abu-abu dan hitam, yang tampak paling menakjubkan adalah onyx hitam. Pada dasarnya ini adalah Agate yang dicelup untuk mendapatkan warna hitam. Secara tradisional digunakan untuk latar belakang suatu ukiran, dan akan sering ditemukan sebagai latar belakang perhiasan yang mengkilap karena teksturnya yang sangat halus.
Sardonyx adalah onyx yang memiliki pita warna putih atau hitam atau cokelat, namun bukan batu onyx yang diwarnai hitam.
Batu Onyx yang paling umum tersedia di seluruh dunia adalah Batu Onyx hitam. Batu ini ditambang di banyak negara termasuk Brasil, Meksiko, Inggris, Pakistan, Uruguay, India dan California. Merupakan jenis mikrokristalin silikon dioksida, batu ini memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Bobot berkisar antara 2,65 ke 2.66. indeks bias 1,543-1,552 hingga 1,545-1.554. Tanda-tanda optik positif dengan karakter optik uni aksial.
Keantikan batu onyx sebagai sebuah batu diperoleh dari proses celup untuk memperbaiki warna dan tekstur. Pencelupan adalah proses untuk mengubah warna permata dengan mencelupkannya ke dalam larutan berwarnba, yang memungkinkan pewarna menembusnya melalui celah patahan yang ada dalam batu. Onyx hitam pertama kali dibuat 4000 tahun yang lalu pada masa peradaban Harappan. Seseorang bahkan dapat membuat warna onyx hitam sendiri dengan mencelupkan Agate ke dalam larutan madu dan air gula di atas api kecil selama beberapa hari. Pori-pori akan menyerap cairan dan gula, yang dalam bentuk karamel saat dipanaskan akan berwarna cokelat tua. Jika batu-batu ini selanjutnya dimasukkan ke dalam asam sulfat akan mengkarbonisasi gula onyx menghasilkan warna hitam. Metode ini digunakan sejak lama dan menghasilkan hasil permanen. Sebagian besar batu Agate hitam yang diproduksi secara komersial dipanaskan dan dicelup secara permanen untuk meningkatkan kedalaman warna hitam dan membuatnya eksotis. Onyx alam sangat jarang ditemukan. Pewarna yang digunakan dalam proses sangat stabil dan orang harus berhati-hati saat membersihkannya untuk menghindari warnanya terangkat atau menumpulkan batu. Iradiasi merupakan proses lain yang digunakan untuk menghasilkan warna yang berbeda.
Black Onyx sangat mudah tergores apabila tidak ditangani dengan hati-hati meskipun mudah untuk membersihkan batu dengan menggunakan polish perhiasan komersial. Setelah memolis, potongan harus dicuci dengan air panas dan dikeringkan dengan kain lembut. Setetes minyak zaitun (Olive) dapat menghasilkan sinaran yang indah pada batu. Bilas air putih juga dapat membersihkan kotoran tapi jangan pernah merendam batu karena dapat memudarkan celupannya. Hindarkan dua batu ada bersama-sama untuk menghindari gesekan. Sangat bagus untuk menghindari panas, cahaya atau bahan kimia yang berlebihan untuk memperpanjang daya tahan batu.
Primbon :  Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri. Onyx Hitam digunakan untuk merubah suatu kebiasaan buruk. Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak. Sard adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir. Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.

About the Author

has written 1215 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2Rek.Com - Support by: RajaRatuKU.Com- RajaRatuKU.Com

Disclaimer: 2Rek.Com tidak bertanggung jawab atas setiap pengguna yang mengakses situs yang kontennya mungkin tidak sesuai dengan undang-undang di wilayah Anda. Dan juga tidak bertanggung jawab atas setiap kesalahan, kepalsuan atau ketidak tepatan dari materi iklan banner yang dikirimkan oleh pemasang iklan.